Memutuskan sebuah desain interior ruangan harus difikirkan dua kali kalau anda punya balita dan anak kecil. Karena perabotan dan dekorasi dengan material tertentu bisa berbahaya dan tidak aman untuk anak kecil. Seperti hiasan kecil dari kaca atau bebatuan yang bisa dimakan oleh anak, furniture kaca dengan ujung yang tajam atau bahkan penempatan guci dan vas yang terjangkau oleh tangan mungilnya.

Pengaturan Dekorasi Ruangan yang Aman bagi Anak

Memiliki rumah idaman dengan semua perabotan cantik memang dambaan. Terutama setelah punya rumah sendiri jadi bisa dihias sesuai selera kita sendiri, dong. Namun, realitanya berbeda dila anda sudah punya anak. Desain jadi perlu didiskusikan dengan jasa kontraktor atau jasa pasang movable partition dengan meminta mereka untuk buat desain interior yang child-friendly. Berikut adalah kiat penataan interior yang bersahabat dengan buah hati dan tidak membahayakan mereka.

1. Pilih Furniture Aman Anak

Minim perabotan tetap menjadi pilihan mendasar pasangan dengan anak kecil, kadangkala mereka lebih memilih tidur dengan tempat tidur yang dekat lantai dari pada tempat tidur biasa. pemanfaatan material yang aman bagi anak juga bisa digunakan seperti meja kayu y ang berbentuk bulat tanpa ujung yang tajam, lemari yang tinggi dan tidak bisa diotak-atik anak adalah segelintir contoh perabotan yang bisa anak gunakan secara aman.

2. Pelapis Lantai Anti Slip

Kini telah banyak bermunculan inovasi pelapis lantai yang tidak licin dan aman bagi anak. Anda bagkan bisa meletakan playmat untuk area anak bermain serta karpet yang lebih halus untuk kegiatan sehari-hari. Kini bahkan sudah ada inovasi lantai parket yang ramah lingkungan juga aman bagi anak, terlepas dari berbagai inovasi lainnya mengenai dekorasi ruangan.

3. Penempatan Perabotan Dan Mudah Dibersihkan

Anak kecil selalu penuh dengan rasa ingin tahu. Namun, teru-menerus mengatakan ‘jangan’ demi menjaga keamana anak dirumahnya sendiri adalah tindakan yang berlebihan. Sebaliknya, pilih furniture yang baik dan tidak mudah rusak namun gampang dibersihkan. Hindari bahaya debu atau penumpukan terlalu banyak barang yang tidak sehat bagi kesehatan. Pastikan ruang gerak anak cukup walaupun anda menggunakan furniture besar, serta menghias ruangan dengan partisi geser Jakarta yang fungsional.

4. Rak Dinding yang Tinggi.

Punya hiasan menawan nan mewah namun ditangan anak kecil bisa rusak. Untuk menyiasatinya buat lemari display yang tinggi jauh dari jangkauan anak namun tetap bisa digunakan sendiri dan dipasang agak tinggi menjauhi dari jangkauan anak kecil.

5. Penahan Pintu dan Bantalan Ujung Perabotan

Kini banyak dijual tambahan pengamanan untuk anak dalam rumah. Baik itu bantalan yang diletakan pada pintu untuk mencegah anak kejepit baik tangan atau kakinya. ATau bantalan silikon yangbisa dipasangkan diberbagai ujung perabotan yang lancip dan berpotensi mencelakai anak anda. Walau, pengawasan anak adalah keamana paling utama, denganmembuat berbagai interior aman bagi anak akan sedikit memberi rasa lega bagi orang tua.

6. Penempatan Elektronik yang Bijak

TV, Charger, Laptop adalah segelintir benda elektronik yang posisinya harus ditinggikan dengan pertimbangan buat jauh dari jangkauan anak. Terutama bila anda punya balita dan belum paham benar bahaya elektronik dan kistrik. jadi buat semua instalasi tersembunyi dibali lemari atau ditinggikan sehinnga tidak membuat sang buah hati penasaran dan memegangnya.

Desain ruangan dengan mempertimbangkan keamanan anak kini semakin mudah dilakukan, Ada banyak inovasi perabotan dan dekorasi tambahan yang sudah mempertimbangkan kenyamanan balita dan anak kecil agar tetap bisa aman dan nyaman dalam rumah, apapun desain interiornya.