Tahapan Membuat dan Memasang Lantai Vinyl

Untuk memberi kesan mewah namun dengan budget yang murah, banyak orang yang memilih bahan vinyl untuk menghiasi lantai rumahnya. Pertimbangan yang paling sering diambil adalah harga, corak, dan juga modelnya. Anda tentu akan lebih memilih bahan yang murah namun dengan kualitas yang sama bagusnya, bukan? Nah, itulah kelebihan lantai vinyl ini. Lalu bagaimana cara serta tahapan dalam memasangnya? Simak enam langkah mudah di bawah ini.

 

1. Persiapan lantai

Sebelum mulai mengambil vinyl dan memasangnya di ruangan, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mempersiapkan lantainya. Lantai di ruangan yang akan dipasangi vinyl ini harus dalam kondisi bersih, jadi sebaiknya disapu dan dipel terlebih dahulu, termasuk pada lantai kayu vinyl. Selanjutnya adalah memastikan bahwa permukaan lantai tersebut sudah rata, misalnya saja terkadang ada beberapa titik yang menonjol karena lapisan semen pada lantai. Nah, Anda harus membersihkannya dulu, bisa dengan amplas atau peralatan lainnya.

 

2. Persiapan memasang

Setelah lantainya sudah siap untuk dipasangi vinyl, langkah selanjutnya adalah persiapan untuk memasang bahan vinyl. Cara untuk memudahkannya adalah dengan membagi ruangan tersebut menjadi beberapa bagian agar mudah saat dipasangi lantai vinyl. Anda bisa menggunakan tali agar mudah. Nantinya tali tersebut bisa dilepaskan setelah semua vinyl terpasang, jadi tidak akan merusak vinyl yang telah terpasang di bawah tali tersebut.

 

3. Pemotongan

Saatnya memasuki tahap pemotongan. Dalam proses ini, Anda harus mempersiapkan lembaran vinyl terlebih dahulu. Jika masih dalam bentuk roll, Anda bisa langsung menggunakan gulungan tersebut saja tanpa perlu dipotong per lembar. Namun tetap diperlukan proses pemotongan agar lembaran tersebut sesuai ukurannya dengan lantai rumah Anda. Setelah lembaran vinyl sudah sesuai, proses pemasangan pun bisa dimulai. Dalam memasang vinyl, aturlah lembarannya sesuai tempatnya masing-masing, dan jangan sampai bergeser.

 

4. Pengeleman

Proses selanjutnya adalah mengelem vinyl pada lantai. Untuk jenis vinyl lantai roll mungkin proses pengelemannya agak susah, tapi Anda bisa mengatasinya dengan meminta bantuan orang lain untuk memegangi lembarannya. Proses pengelemannya pertama-tama dilakukan di atas permukaan lantai terlebih dahulu. Oleskan saja secara perlahan dan merata dengan kuas. Pastikan seluruh permukaan lantai sudah diolesi dengan lem, jangan sampai ada bagian yang terlewat karena akan membuat vinyl-nya tidak tertempel dengan baik.

 

5. Pemasangan

Setelah segala sesuatunya siap, berarti Anda juga siap untuk memasang bahan vinyl tersebut pada lantai rumah. Hati-hatilah saat menempelkan lembaran vinyl pada lantai, karena lembaran tersebut nantinya akan tertempel kuat dan tidak bisa digeser. Saat pemasangan, mulailah dari bagian tengah ruangan hingga ke pinggir. Saat memasang, perhatikan setiap bagian yang tertempel agar jangan menyisakan bagian yang menggelembung karena tidak tertempel dengan baik. Lanjutkan proses ini hingga semua ruangan sudah terpasang bahan vinyl dengan merata.

 

6. Finishing  (sentuhan akhr)

Untuk sentuhan akhirnya, vinyl lantai roll maupun lembaran yang sudah dipasang tadi, perlu dibersihkan ulang. Bisa saja masih ada bekas atau sisa lem yang masih menempel sehingga merusak penampilan ruangan. Pada tahap ini, ada baiknya Anda juga menambahkan lem finishing pada setiap celah antar lembaran vinyl yang telah terpasang. Pilihlah warna lem yang sama atau menyerupai vinyl agar terlihat natural dan ruangan pun semakin nyaman ditempati.

 

Begitulah seluruh tahapan dalam memasang lantai vinyl yang baik. Anda bisa juga meminta saran dari tukang bangunan atau orang yang akan membantu memasangi vinyl di rumah Anda. Selamat menerapkannya dan semoga berhasil dengan baik.