Bahan aluminium saat ini sudah menjadi primadona dalam pembangunan gedung atau rumah. Banyak pemborong yang menggunakan aluminium sebagai kusen untuk jendela maupun pintu aluminium kamar mandi, karena dinilai cukup awet dan mudah untuk perawatannya dibandingkan dengan bahan kayu yang sangat rawan terkena rayap.

Tetapi ketika cuaca tidak bersahabat akan membuat aluminium menjadi cepat kusam, sehingga membutuhkan perawatan supaya bahan ini bisa mengkilap lagi. Ada beberapa tips yang bisa menjadi inspirasi dalam mengatasi aluminium supaya tidak kusam dan kembali mengkilap.

Membersihkan Kusen Aluminium Bagian Luar

Bagian luar kusen biasanya lebih kotor dibandingkan bagian dalam. Hal ini disebabkan karena debu yang menempel lebih banyak di bagian luar. Perubahan cuaca dari kemarau ke hujan, juga dapat membuat kusen aluminium menjadi  terlihat kusam. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan kusen dengan cara menyemprotnya dengan air mengalir sampai kotoran benar – benar hilang. Lalu gosok bagian yang kotor sampai bersih dari debu dengan menggunakan kain, setelah semua dirasa sudah bersih bilas dengan air dan kemudian keringkan dengan kain kering. Jangan lupa pastikan bagian kusen yang dibersihkan benar – benar kering, supaya tidak menimbulkan korosi pada kusen aluminium.

Membersihkan Kusen Aluminium dengan Cairan Sabun

Apabila ada kotoran di kusen yang sulit untuk dihilangkan, maka Anda bisa menggunakan cairan sabun khusus untuk aluminium. Jika tidak punya, bisa dengan memakai detergen atau sabun biasa. Cairan sabun akan membantu mengangkat kotoran yang membandel pada kusen, lakukan dengan cara menyikat bagian kusen pintu aluminium kaca menggunakan sikat lalu siram menggunakan air bila dirasa sudah bersih. Setelah itu, Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan kain kering.

Memoles Kusen Aluminium

Untuk mengembalikan kilap pada kusen aluminium Anda, bisa dengan cara memoles kembali kusen menggunakan cairan khusus pelapis aluminium. Cairan ini bisa dibeli secara bebas di toko besi atau toko bahan bangunan. Dengan melakukan cara ini, dijamin kusen aluminium pada pintu dan jendela Anda akan menjadi tidak kusam dan mengkilap seperti baru.

Membersihkan Kusen Aluminium dengan Rutin

Membersihkan Kusen Aluminium

Kusen dengan bahan aluminium harus dibersihkan secara rutin, setidaknya 1 minggu sekali. Hal ini dilakukan supaya kusen pintu aluminium kamar mandi tidak cepat kusam dan mengalami korosi, akibat debu.

Sebenarnya apapun bahan kusen yang digunakan, Anda harus tetap rajin merawat dan membersihkannya. Setiap bahan memiliki cara perawatan yang berbeda – beda. Apabila Anda menggunakan kusen berbahan kayu, maka harus rajin menyemprot obat rayap dan memolesnya dengan cairan furnish supaya terjaga keawetannya. Walaupun kusen berbahan aluminium dinilai memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan bahan kayu, namun bahan aluminium tetap harus dirawat supaya tidak cepat rusak.

Bahan aluminium di zaman modern seperti sekarang ini, banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan kusen pintu aluminium kaca. Hal ini disebabkan, karena harga aluminium lebih murah dibanding dengan kayu. Selain itu bahan ini juga lebih ringan, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasangnya. Walaupun memiliki beberapa kelebihan, akan tetapi kusen dari aluminium juga rawan terkena korosi.

Biasanya kusen berbahan aluminium akan cepat rusak, karena sambungan dari karet penyekat antara kaca dan kusen tidak menutup secara sempurna. Sehingga akan membuat air hujan merembes ke dalam kusen dan menyebabkan kusen menjadi rusak dan kusam. Oleh karena itu, sebelum memasang kusen lebih baik pastikan dahulu karet terpasang dengan sempurna.