Siapa yang tidak tahu pintu kaca?. Beberapa diantara kita pasti pernah melihat pintu kaca terutama di pusat perbelanjaan, gedung perkantoran dan lainnya. Pintu kaca terkadang memberi kesan yang tak nampak sehingga kita seringkali tidak menyadari keberadaannya karena pintu kaca memberikan pandangan jernih pada sisi yang berada di seberangnya, apalagi jika pintu tersebut didesain tanpa bingkai alias frameless. Pintu kaca frameless saat ini menjadi salah satu desain pintu kaca yang banyak diminati oleh berbagai kegunaan. Selain bagus dan terlihat modern, pintu kaca memang dapat memberikan kesan tersendiri pada desainnya.

Sebuah kantor adalah sebuah tempat dimana orang ramai bekerja. Gedung perkantoran pada umumnya dibuat senyaman mungkin agar para pekerjanya dapat bekerja dengan baik. Kantor yang berada di kota-kota besar biasanya memiliki begitu banyak karyawan di dalamnya. Banyaknya jumlah orang yang bekerja di tempat tersebut tentu mengharuskan gedung perkantoran dibuat lebih besar. Dalam sebuah teori arsitektur menyebutkan bahwa kaca yang bening dan jernih akan memberikan kesan yang lebih luas. Oleh karena itu, penggunaan pintu kaca jenis frameless dirasa sangat cocok digunakan pada desain gedung perkantoran. Selain itu, masih banyak kelebihan lainnya yang dimiliki si pintu kaca tanpa bingkai ini. Pada pengaplikasiannya, pintu kaca ini biasanya dikombinasikan dengan dinding pintu kaca tempered. Dinding kaca tempered adalah kaca yang dipanaskan pada suhu tertentu agar menjadi kaca yang lebih kuat untuk kemudian digunakan sebagai kaca pembatas pada ruangan tertentu.

Kesan Modern Pada Penggunaan Pintu Kaca Untuk Perkantoran

Pintu kaca jenis frameless memiliki jenis pintu satu daun (single) dan pintu dua daun (double). Untuk harga yang beredar di pasaran bergantung pada ukuran yang dibutuhkan. Semakin besar ukuran pintunya, maka semakin banyak material kaca yang digunakan untuk membuat satu buah pintu, hal tersebut yang kemudian membuat semakin mahal juga harganya. Desain pada materialnya pun sangat beragam. Jenis kaca yang digunakan dapat disesuaikan dengan fungsinya sendiri.

Beberapa jenis kaca kaca frameless untuk pintu antara lain:

  • Kaca Bening atau Transparan
  • Kaca Diamond, Kaca Motif
  • Kaca es (obsecure)
  • Bar Georgia
  • Kaca Bujur Sangkar

Beberapa jenis kaca ini adalah jenis kaca yang biasa digunakan untuk pembuatan pintu kaca tersebut. Selain jenis kacanya, pada satu buah set pintu kaca frameless biasanya terdiri dari beberapa komponen hardware yaitu pull handlefloor hinges dan patch fitting set. Komponen tersebut harus ada pada sebuah pintu jenis frameless.

Dengan beberapa penjabaran diatas dapat dibayangkan bahwa desain gedung perkantoran memang sangat membutuhkan jenis pintu ini. Bukan hanya kesannya yang modern, kejernihan pada kaca akan menimbulkan kesan yang cantik dan menarik. Saat ini bahkan tidak hanya gedung perkantoran dan beberapa tempat besar saja yang menggunakan pintu kaca frameless. Beberapa desain rumah modern dan minimalis ternyata sangat cocok jika dipadu padankan dengan desain dari pintu cantik ini. Pintu ini akan menyempurnakan keindahan dan sekaligus dapat menjadi pembatas antar ruang pada sebuah rumah.