Ini Dia Harga Pasir Bangunan secara Lengkap di Tahun 2019

Harga pasir bangunan, seperti pasir silika, pasir besi, pasir beton, pasir urug, pasir mutilan, pasir kucing, pasir putih, pasir semasa, dan pasir lainnya akan berubah setiap tahunnya. Dengan daftar harga terbaru di tahun 2019, Anda dapat mengetahui harga pasir sebelum membelinya sehingga bisa melakukan pertimbangan dengan baik.

Untuk tahun ini, bisa dibilang jika harga pasir cukup stabil dibandingkan tahun lalu yang harganya termasuk tinggi. Kemungkinan, hal ini terjadi karena distributor pasir lokal di berbagai daerah semakin meluas hingga ke seluruh Indonesia. Beberapa daerah yang memiliki banyak distributor pasir lokal adalah pasir Magelang, pasir Malang, pasir Cilegon dan lainnya.

Berikut ini adalah daftar harga pasir bangunan terbaru:

Pasir Cilegon – Rp 180.00/ m³

Pasir Cileungsi – Rp 185.000/ m³

Pasir Cileungsi – Rp 1.150.000/ truk

Pasir Putih – Rp 200.000/ m³

Pasir Putih Rangkas – Rp 200.000/ m³

Harga Pasir Cor Hitam – Rp 220.000/ m³

Pasir Mundu – Rp 225.000/ m³

Pasir Mundu – Rp 575.000/ pick up

Pasir Mundu – Rp 3.750.000/ ton

Pasir Putih Bangka – Rp 250.000/ m³

Pasir Putih Bangka – Rp 550.000/ pick up

Pasir Putih Bangka – Rp 1.330.000/ truk

Selain dijual dengan harga pasir per m3, pasir juga dijual dengan hitungan per pick up, ton ataupun truk, seperti halnya harga sirtu per m3 dan harga pasir cor. Semakin besar satuan yang digunakan, harga yang diberikan biasanya lebih terjangkau, namun Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Terlebih dengan kualitas pasir yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kita mengetahui dua hal berikut ini.

1. Kualitas pasir

Mudah bagi kita untuk mengetahui kualitas dari pasir, meskipun masih banyak orang yang belum mengetahui kriteria pasir berkualitas dan bagaimana cara mengujinya. Pasir yang baik tidak akan mengandung ampus sehingga Anda bisa mengambil segenggam pasir kemudian masukkan ke dalam air.

Jika pasir dalam kepalan tangan tidak langsung terurai atau membaur, bisa dipastikan jika pasir tersebut memiliki kualitas baik. Namun, jika pasir langsung membaur, bisa jadi pasir tersebut memiliki ampas. Semakin berkualitas pasir, maka harga pasir per m3 juga semakin besar jadi Anda harus mempersiapkan budget-nya terlebih dahulu.

 

2. Kuantitas pasir

Bagi kita yang tidak mengerti kualitas pasir, kita bisa tertipu dengan distributor pasir bal-abal. Bukan saja masalah kualitas, kita juga bisa tertipu terhadap kuantitas pasir. Beberapa distributor yang tak bertanggung jawab biasanya akan memanipulasi kuantitas pasir dalam truk. Sering kali mereka meletakkan balok kayu dalam truk sehingga volume pasir yang didapatkan berkurang.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan bagian bak truk, pastikan jika tidak terdapat balok kayu di dalamnya. Jika tidak, Anda akan merugi dengan kuantitas pasir yang didapatkan. Jadi, bagi Anda yang membeli pasir dalam hitungan truk atau bak mobil kecil sekalipun, Anda harus memastikan bahwa volume pasir yang didapatkan sesuai dengan sebagaimana seharusnya.

Pasir menjadi material penting dalam pembangunan suatu gedung, rumah atau bangunan lainnya. Kualitas bangunan juga dipengaruhi oleh kualitas pasir yang dipilih sehingga Anda harus memastikan bahwa pasir yang dipilih memiliki kualitas bagus. Tapi, jangan lupa untuk mempertimbangkan harga pasir bangunan agar tidak melebihi budget yang dimiliki.