Pemilihan material aluminium banyak digunakan untuk hunian minimalis dikarenakan tampilannya mewah dan sifat ringan yang membuatnya lebih efisien dalam pengaplikasian. Bahan ini semakin varian dalam penggunaannya. Ada pada pintu, jendela, pintu gerbang, partisi bahkan sampai pegangan tangga. Sedangkan sebagai pintu, bahan ini dapat digunakan pada semua ruangan seperti pintu kamar mandi alumunium, pintu geser di balkon, atau pintu gerbang yang vintage. Dikarenakan bahanya yang ringan dan mudah dibentuk, maka lebih mudah untuk membuat bahan ini menjadi varian pintu dengan aneka cara bukaan.

Berbagai Model Pintu Aluminium 

Aluminium memiliki bobot yang ringan, perawatan yang mudah serta dapat menahan berbagai macam cuaca ekstrim. Selain cocok untuk bagian eksterior rumah dikarenakan kekuatannya yang mumpuni terhadap curah hujan maupun panas terik matahari, alumunium juga cocok untuk interior ruangan dengan varian tertentu. Berikut beberapa inspirasi model pintu aluminium untuk berbagai bagian dari rumah.

1. Pintu Ganda Expanda

 

Ketahanan pintu jenis ini sangat sesuai untuk menghadapi musim pancaroba. Terlebih lagi struktur materialnya lebih kuat bila dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya. Model pintu expanda dengan lapisan ganda untuk anti nyamuk menjadi pilihan untuk pintu depan rumah. Bahannya yang kokoh juga menjadi fitur penting untuk menghindari bila ada pencurian atau pembobolan.

 2. Pintu Slide Kaca

 

Pintu Slide Kaca

Bahan ini tergolong aman tanpa bahan kimia beracun yang dapat membahayakan penghuni rumah. Sifatnya yang anti flamasi dapat menahan kebakaran yang cocok digunakan diberbagai ruangan dalam rumah. Untuk interior design minimalis dapat dikombinasikan sebagai pintu kaca aluminium yang modern. Dengan list hitam sebagai rangkanya, pintu dengan model geser ini sangat cocok digunakan sebagai pintu dibalkon kamar tidur atau pintu yang mengarah kehalaman belakang. Kombinasi dengan kaca menjadi pilihan elegan yang mewah untuk mendukung tampilan ruangan yang lebih luas dan lapang.

3. Pintu Geser Partisi

 

Pintu Geser Partisi

Paduan aluminium hitam dengan kaca tempered bermotif memberikan aksen manis dan privasi pada waktu yang bersamaan. Dengan kombinasi pelapis laminating atau cat pintu ini menjadi serasi untuk penggunaan partisi untuk membagi sebuah ruangan luas menjadi dua kamar yang lebih kecil. Selain itu bentuk pintu yang digeser tidak banyak memakan tempat dam membuat keseluruhan ruangan menjadi lebih simple namun menarik.

Baca juga: Daftar Harga Pasir Bangunan Terbaru 2019

 4. Pintu Lipat

 

Pintu Lipat

Bahan ringan aluminium memudahkan untuk memberikan bukaan lebar dari dalam ruang kebagian balkon atau teras. Membuka pintu dengan cara dilipat dapat dilakukan dengan seketika karena bahannya yang mudah digerakan dan dilipat. Model pintu seperti ini juga menguntungkan karena tidak banyak menghabiskan tempat.

5. Bukaan Ganda Pandulum

 

Ganda Pandulum

Bagian kamar yang mengarah kebalkon dapat mengadaptasi jenis pintu aluminium yang dapat dibuka dari dalam keluar dan begitu pula sebaliknya. Perpaduan kaca dan aluminium putih dengan cara dibuka yang unik memberikan sirkulasi udara yang memadai yang dapat sekaligus menjadi pintu dari dua sisi. Konstruksi bukaan pada model pendulum ini menyiratkan pembukaan pintu dualitas dengan posisi tertutup dan terbuka.

Berbagai keunggulan material aluminium bermanfaat untuk dijadikan pintu diberbagai ruangan dalam rumah. Berbagai modelnya mempermanis ruangan dan sekaligus dapat digunakan pada rumah yang sempit dengan berbagai cara bukaan yang lebih menghemat ruangan dibandingkan model pintu yang dibuka dengan cara diayun. Beberapa model pintu aluminium yang telah dibahas diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang tinggal disesuaikan dengan bentuk rumah dan ruangan.