Dalam setiap rumah atau gedung pastinya memerlukan listrik untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Listrik mempunyai fungsi yang sangat signifikan dalam kehidupan sehari – hari. Biasanya kamu akan menyewa jasa kontraktor mekanikal elektrikal untuk memasang instalasi listrik dengan baik dan benar dalam rumah. Namun, melakukan instalasi listrik harus diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan arus listrik sangat berbahaya jika terkena manusia ataupun hewan. Oleh sebab itu, biasanya kontraktor akan memasang ground listrik sebagai pelindung. Di mana ground listrik merupakan sistem pengamanan yang ada pada intalasi listrik yang kamu lakukan, sehingga ketika terjadi kebocoran listrik maka aliran listrik yang berbahaya tersebut akan dengan segera mengalir ke tanah sehingga kamu tidak akan mengalami luka akibat kebocoran tersebut.

Fungsi Listrik Ground Dalam Instalasi Listrik

Melihat ground listrik dapat mengalirkan arus listrik ke tanah apabila mengalami kebocoran, maka tentu saja ground listrik mempunyai fungsi yang harus kamu ketahui. Adapun beberapa fungsi dari ground listrik ini adalah sebagai berikut :

1. Untuk Keselamatan

Fungsi pertama dari ground listrik yang harus kamu ketahui adalah sebagai alat untuk keselamatan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ground listrik akan langsung mengalirkan arus listrik ke tanah apabila terjadi kebocoran instalasi atau terjadi percikan – percikan api akibat konsleting listrik. Hal ini tentu saja akan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat tersengat arus listrik.

2. Sebagai Penangkal Petir Pada Instalasi Listrik

Fungsi selanjutnya dari ground listrik adalah sebagai penangkal petir. Instalasi ground listrik rumah dengan instalasi ground listrik penangkal petir memiliki sifat yang sama yakni sebagai penghantar besarnya arus listrik ke dalam tanah ketika terjadi kebocoran. Namun, perlu diketahui bahwa proses penginstalan kabel ground listrik pada rumah dan ground listrik penangkal petir haruslah dipisah oleh kontraktor mekanikal elektrikal sebagai orang yang memiliki tugas menginstalasi listrik.

3. Sebagai Peminimalisir Cacat

Dalam dunia industri elektronika tanpa disadari terkadang melakukan kesalahan dalam membuat produk yang diciptakan sehingga menjadi cacat. Oleh sebab itu, penggunaan ground listrik ini sangat dibutuhkan di mana ground listrik ini dapat menetralisir cacat yang diakibatkan oleh kualitas komponen barang yang dibawah standar atau akibat daya hantar listrik yang kurang baik.

4. Sebagai Proteksi Peralatan Elektronik

Mengingat sangat berbahayanya tegangan arus listrik bagi makhluk hidup ketika mengalami kebocoran, membuat jasa mekanikal elektrikal harus memasang ground listrik. Hal ini dikarenakan dengan memasang ground listrik maka kerusakan akibat adanya kebocoran tegangan arus listrik dapat dicegah.

5. Sebagai Acuan Pengukur Tegangan Listrik

Selanjutnya, fungsi ground listrik adalah sebagai acuan pengukur tegangan arus listrik. Hal ini dikarenakan arus listrik yang mengalami kebocoran akan segera mengalir ke dalam tanah, dan di sini tanah dapat berperan sebagai alat ukur yang cukup konstan di mana dapat melakukan pengukuran sumber tegangan lain.

6. Sebagai Sistem Transmisi Tegangan Listrik yang Besar

Ketika arus listrik di alirkan menuju tanah, maka arus listrik yang mengalir ke tanah tersebut dapat mengalir kembali menuju sumber arus listrik. Hal ini tentunya dikarenakan bumi dapat dijadikan sebagai jalur kembalinya arus listrik, tentunya ini akan menghemat biaya yang kamu keluarkan.

Nah, itulah beberapa fungsi dari ground listrik yang dapat kamu ketahui. Dengan penjelasan yang sudah dijelaskan di atas kamu akan mengetahui lebih dalam tentang instalasi listrik khususnya pengertian serta fungsi ground listrik.